Saturday, October 31, 2015

Pak Raden Tutup Usia




Drs Suyadi atau yang biasa dikenal dengan nama Pak Raden, pecipta tayangan boneka anak Si Unyil, diberitakan meninggal dunia DI RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan pada Jumat (30/10) pukul 22.00 WIB. 

Pak Raden yang lahir di Puger, Jember pada 28 November 1932 menutup mata di usianya yang ke-82 tahun.


"Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Drs Suyadi (Pak Raden), pada hari Jumat malam jam 22.20 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya, segala salah, khilaf dan kekurangan," tulis pesan pendek dari manajer Pak Raden, Prasodjo Chusnato, yang diterima pada Sabtu (31/10) dini hari.

"Jenazah disemayamkan di rumah Pak Raden Jalan Petamburan 3, No.27, Jakarta Pusat," lanjut pesan singkat Prasodjo.

Semasa hidup, pria yang dikenal dengan kumis melintangnya ini sempat mengecap pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1952 hingga 1960.

Pak Raden pun melanjutkan pendidikannya dari ITB ke Prancis untuk belajar animasi pada 1961 hingga 1963.

Sampai di Tanah Air, Pak Raden langsung berkutat untuk membuat tayangan Si Unyil. Tayangan yang sarat edukasi itu lalu muncul pertama kali di stasiun televisi TVRI pada April 1981.

Bisa dibilang, Si Unyil karya Pak Raden merupakan tayangan edukasi anak yang menghibur dan sarat nilai Indonesia dan tidak akan tergantikan.

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :