Friday, September 25, 2015

Gempa 6,8 SR, Sorong Gelap Gulita

 Gempa berkekuatan 6.8 skala richter (SR) mengguncang Kota Sorong, Papua Barat.


Menurut informasi yang didapat dari laman BMGK, gempa terjadi sekitar pukul 23.53 WITA. Gempa terjadi di 31 km Timur Laut dengan kedalaman 10 kilometer.
Warga di Provinsi Papua Barat, ini seperti dilansir Antara, panik ketika gempa berkekuatan 6,8 skala Richer mengguncang daerah itu pada Jumat dinihari pukul 01.06 WIT.
"Warga panik dan keluar rumah karena takut bangunan rumah ambruk," kata Aufrida Marisan Warga Kabupaten Manokwari Selatan.
Ia mengatakan, warga Kabupaten Manokwari panik dan keluar rumah sebab pengalaman gempa sebelumnya banyak rumah warga yang ambruk.
Namun belum diketahui, adanya laporan korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut. Belum diketahui juga apakah gempa tersebut berpotensi tsunami.
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Manokwari Deny Putirai yang dikonfirmasi Antara mengatakan lokasi gempa berpusat di dekat Kota Sorong, Papua Barat.
Ia mengatakan, lokasi gempa 0.59 LS dan 131.27 BT yang berjarak 31 kilometer timur laut Kota Sorong, Papua Barat.
"Kedalaman gempa 10 km tidak berpotensi tsunami namun masyarakat diminta untuk waspada kemungkinan terjadinya gempa susulan," ujarnya.
Ini adalah gempa yang kesekian kalinya menimpa gugusan kepala burung Papua. Rabu, 17 Juni 2015, lalu, BMKG Wilayah V Jayapura, Papua juga melansir gempa 4,1 skala Richter (SR) mengguncang Kota Sorong, Papua Barat, pada Selasa malam sekitar pukul 20.48 WIT.
Gempa tersebut berlokasi di 0.72 Lintang Selatan dan 131,28 Bujur Timur dengan jarak 17 kilometer (KM) arah timur laut Kota Sorong, Papua Barat dengan kedalaman 6 KM.

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :